Pemerintah Jokowi luncurkan 3 paket kebijakan ekonomi

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo meluncurkan paket kebijakan ekonomi untuk menstabilisasi perekonomian domestik di tengah tekanan ekonomi global, Rabu, 9 September.

Dalam menyikapi ekonomi dunia yang berdampak pada perkenomian banyak negara termasuk indonesia,

pemerintah bersama otoritas moneter, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan, telah melakukan langkah-langkah dalam upaya menciptakan kondsisi ekonomi makro yang kondusif,” kata Jokowi membuka pidato.

“Tujuan dari kebijakan ini tidak saja berupa stimulus bagi dunia usaha, tetapi juga dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh rakyat banyak terutama yang berpenghasilan rendah,” katanya.

Menurutnya, selama ini pemerintah telah melakukan upaya stabilisasi fiskal dan moneter, termasuk di dalamnya pengendalian inflasi.

Selain itu, pemerintah juga telah melakukan langkah-langkah untuk melindungi masyarakat, seperti pemberdayaan usaha mikro dan penyaluran kredit dengan suku bunga rendah.

Namun, kata Jokowi, “langkah-langkah itu belum cukup”.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia meluncurkan paket kebijakan ekonomi tahap pertama pada September 2015.

Paket-paket tersebut adalah:

Menurut Jokowi, paket kebijakan tahap pertama ini akan memperkuat industri nasional. 

“Akan mengembangkan usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi, akan memperlancar perdagangan antar daerah, akan membuat pariwisata semakin bergairah, akan menyejahterakan nelayan,” katanya. 

Pemerintah menargetkan paket kebijakan ekonomi akan selesai September ini dan paling lambat Oktober.

Ini baru paket pertama. Ada paket kedua dan ketiga secara konsisten dilakukan terus," kata Jokowi. —Rappler.com

BACA JUGA: