Argentina kokoh di puncak peringkat FIFA, Portugal lewati Spanyol

JAKARTA, Indonesia – Runner-up Copa America 2016, Argentina, kokoh di puncak peringkat Asosiasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), demikian menurut daftar yang dirilis pada Kamis, 14 Juli. 

Sementara juara Euro 2016, Portugal, naik ke peringkat enam.

Belgia, Kolombia, Jerman, dan Cile juga tetap di urutan dua hingga lima pada daftar peringkat FIFA terbaru.

Portugal naik dua tingkat ke peringkat enam menggeser Spanyol dan Brasil yang anjlok ke posisi delapan dan sembilan. Adapun Perancis naik 10 posisi ke peringkat tujuh, satu tingkat di bawah Portugal.

Wales yang lolos ke semifinal Euro tahun ini naik 15 peringkat ke posisi 11. Sementara Inggris, yang dikalahkan Islandia di Euro 2016 silam, turun dua tingkat di bawah Wales dan satu tingkat di bawah Uruguay.

Adapun Islandia berada di peringkat 22 atau naik 12 peringkat setelah gelaran Euro 2016.

Selandia Baru menjadi yang tersukses dengan naik 54 tingkat ke posisi 93. Polandia naik 11 tingkat ke peringkat 16, sementara Kroasia juga naik dari posisi 22 ke peringkat 15. 

Penilaian FIFA didasarkan pada hasil dari 228 pertandingan meliputi turnamen Copa America, Piala Eropa, Piala Oceania, dan beberapa pertandingan kualifikasi periode dua bulan terakhir, sehingga tim yang menjadi juara dalam satu turnamen belum tentu akan meraih poin maksimal untuk berada di puncak.

Bagaimana dengan posisi Indonesia? Indonesia turun empat peringkat ke posisi 191.

Pengumuman peringkat FIFA berikutnya akan dipublikasikan pada 11 Agustus 2016.

Berikut 20 tim peringat teratas:

—Rappler.com