Pesawat latih TNI jatuh di Malang

MALANG, Indonesia (UPDATED) — Sebuah pesawat latih milik TNI Angkatan Udara jatuh di pemukiman warga di Malang, Jawa Timur, pada Rabu pagi, 10 Februari.

Pesawat berjenis Super Tucano ini jatuh di Gang 12, Jalan LA Sucipto, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, dan menimpa pemukiman padat penduduk.

Insiden ini menewaskan empat orang, termasuk pilot pesawat Mayor PNB Ivy Safatillah dan teknisi Juru Mudi Udara Sersan Mayot Syaiful Arief Rakhman.

 

Dua warga lainnya, menurut Kepala Staf Angkatan Udara Agus Supriatna dalam konferensi pers, adalah Erna Wahyuningtyas (47 tahun) dan Nurcholis (27). 

Ivy ditemukan di kursi lontarnya, di sekitar Stasiun Blimbing. Sedangkan Syaiful ditemukan meninggal dengan jasadnya berada di dalam kokpit pesawat.

 

Seorang sumber di TNI AU mengatakan pesawat jatuh menimpa rumah warga bernama Bapak Mujianto. Diduga wanita yang dievakuasi adalah istrinya.

Korban kini dirujuk ke Rumah Sakit Saiful Anwar, Malang. 

Menurut laporan anggota search-and-rescue (SAR), korban tewas karena tertimpa runtuhan bangunan, bukan tertimpa pesawat.

Yosua, seorang saksi mata dan warga setempat, mengatakan kejadian terjadi sekitar pukul 10 pagi. Ia mengaku melihat pesawat menanjak sebelum kemudian menukik dan terjatuh.

“Pesawatnya loreng, terdengar suara seperti mesin rusak kemudian jatuh," kata Yosua kepada Rappler di sekitar lokasi kejadian.

Warga sekitar menemukan parasut terjatuh sekitar 3 km dari lokasi jatuhnya pesawat.

Ati Kusminanto, seorang warga setempat, menemukan parasut terjatuh di dekat rumahnya sekitar pukul 10 pagi. 

"Saat itu saya mendengar suara ledakan,  tapi cuaca mendung jadi tak terlihat pesawat. Setelah itu baru terlihat pesawat melayang ke selatan dan terus turun. Pesawatnya warna abu-abu dan oranye," kata Ati.

Tak lama, terlihat parasut melayang di udara tanpa awak dan terjatuh di areal persawahan. Terdapat lubang bekas terbakar di parasut berwarna oranye, abu-abu, dan putih itu.

Diduga parasut tersebut milik pilot pesawat. Saat ini bangkai pesawat masih dalam proses evakuasi.—Rappler.com