Pertarungan si nomor 7: Ronaldo vs Griezmann di final Euro 2016

Cristiano Ronaldo dan Antoine Griezmann akan membuktikan siapa yang membawa timnya jadi juara Euro 2016. Foto dari EPA

Cristiano Ronaldo dan Antoine Griezmann akan membuktikan siapa yang membawa timnya jadi juara Euro 2016.

Foto dari EPA

JAKARTA, Indonesia — Final Euro 2016 yang mempertemukan tuan rumah Perancis melawan Portugal akan menjadi panggung pertunjukan bagi dua bintang bernomor punggung 7, Antoine Griezmann dan Cristiano Ronaldo. 

Griezmann dan Ronaldo tidak hanya mengenakan kostum bernomor 7 di tim nasional, mereka juga mengenakan nomor itu di klub La Liga Spanyol, Atletico Madrid dan Real Madrid. 

Griezmann (25 tahun) adalah pencetak gol terbanyak sementara Euro 2016 dengan enam gol yang ikut membantu Perancis melaju ke final Piala Eropa. 

Adapun Ronaldo, yang baru mencetak tiga gol sepanjang turnamen ini, memiliki keunggulan pengalaman saat Portugal dikalahkan Yunani pada Piala Eropa 2004. 

"Piala Eropa 2004 adalah spesial, saya masih 19 tahun dan itu turnamen pertama saya," kata Ronaldo setelah mencetak gol kemenangan 2-0 Portugal atas Wales di semifinal Piala Eropa 2016, seperti dilansir dari AFP, Sabtu, 9 Juli.

"Sekarang kami berada di final lagi dan kami berharap menang. Saya berharap kami tersenyum dan pada akhirnya itu akan menjadi air mata kebahagiaan," kata pemain berjuluk CR7 itu karena identik dengan seragam bernomor punggung 7.

Griezmann juga pernah merasakan pahitnya kekalahan saat disingkirkan Jerman pada perempatfinal Piala Dunia 2014 di Rio de Janeiro.

Belum lama ini, di final Liga Champions, Griezmann juga menangis setelah Atletico dikalahkan Real Madrid. Saat itu, Ronaldo menjadi penentu kemenangan Real Madrid sebagai penendang terakhir di babak adu penalti.

Namun Griezmann kini lebih tajam, dia tampil brilian lewat dengan mencetak dua gol saal Perancis menyudahi perlawanan juara dunia Jerman dengan skor 2-0 di semifinal.

"Dia pemain hebat," kata pelatih Perancis, Didier Deschamps. 

"Pada Piala Eropa ini, dia sudah menjadi pemain menentukan bagi kami. Dia bisa mencetak gol, dan ia juga bisa membantu orang lain mencetak gol," kata Deschamps. —Rappler.com

Baca laporan lengkap Rappler tentang Euro 2016: