Presiden saksikan matahari terbit 1 Januari di Raja Ampat

FAJAR PERDANA. Presiden di dermaga Waiwo, menyaksikan fajar tahun baru. Foto oleh Agus Suparto/Istana Kepresidenan

FAJAR PERDANA. Presiden di dermaga Waiwo, menyaksikan fajar tahun baru.

Foto oleh Agus Suparto/Istana Kepresidenan

RAJA AMPAT, Indonesia  —  Mengenakan baju putih dan sarung coklat, tanpa alas kaki. Presiden Joko Widodo melangkah menuju dermaga Pantai Waiwo Raja Ampat Papua Barat, Jumat. Presiden menyaksikan matahari terbit pertama 2016 di dermaga indah itu, sekitar pukul 06.15 WIT ketika matahari belum tampak seluruhnya.

“Fajar perdana 2016 di dermaga Waiwo, Raja Ampat, tempat terbaik di dunia untuk snorkeling –Jkw,” demikian cuitan Presiden di akun twiternya, @jokowi. Sambil menyaksikan matahari terbit, dia duduk di tepi dermaga dan memberi makan ikan.

Presiden tidak sendirian. Gubernur Papua Barat Abraham Oktavianus Ataruri, Bupati Raja Ampat Markus Wanma, dan sejumlah petinggi mendampingi.  Menyaksikan keindahan Raja Ampat, dia ingin Indonesia beroleh lebih banyak lagi wisatawan. Bahkan Presiden menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan dalam beberapa tahun mendatang.

Sebelum kembali ke Jakarta, hari ini, Presiden dan rombongan terlebih dahulu akan meninjau pabrik Sagu. Kunjungan Jokowi ke Papua dan Papua Barat merupakan yang ketiga kalinya, setelah kunjungan akhir Desember 2014 dan pada pertengahan Mei 2015.   —  Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA