Bersiap menyaksikan ‘Star Wars: the Force Awakens’ Jumat besok!

JAKARTA, Indonesia—Para penggemar Star Wars di Indonesia sudah tidak sabar untuk segera menyaksikan Star Wars: the Force Awakens.

Sebelum hari Jumat, 18 Desember tiba dan episode terbaru Star Wars mulai tayang, kemarin, 15 Desember diadakan konferensi pers yang dihadiri oleh para aktor Indonesia yang terlibat dalam pembuatan film ini.

Tiga orang aktor jebolan film The Raid yaitu Iko Uwais, Yayan Ruhiyan, dan Cecep Arif Rahman, akhirnya bisa menceritakan pengalaman mereka bekerja dengan sutradara JJ Abrams, setelah harus merahasiakan keterlibatan mereka di film ini selama kurang lebih dua tahun.

“Tentunya ini suatu kebanggaan, dua tahun lamanya kami tidak boleh bicara soal keterlibatan kami di film ini, dan baru dua hari yang lalu kami boleh mengiyakan segalanya,” kata Yayan yang berperan sebagai Tasu Leech, bos dari geng antargalaksi Kanjiklub dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 15 Desember.

Dalam kesempatan yang sama, Iko Uwais mengaku kesediaan ia dan rekan-rekannya untuk tak buka suara soal keterlibatan di Star Wars: The Force Awakens sebagai sebuah tanggung jawab yang harus diemban.

“Itu tanggungjawab besar, jadi mengiyakannya nanti saja saat sudah dilihat hasilnya,” kata aktor yang berperan sebagai Razo Quin-Fee.

Cecep mengungkapkan bahwa mereka berdialog dalam bahasa asing yang khusus dibuatkan untuk peran mereka.

“Saya sendiri dapat peran yang tidak ada dialognya, tetapi Iko dan Yayan berdialog pakai bahasa sendiri. Menarik sekali sampai dibuatkan bahasa sendiri untuk peran ini,” ujar Cecep.

Saat ditanya mengenai pengalamannya bekerja dengan sutradara sekelas JJ Abrams, Iko mengungkapkan bahwa Abrams merupakan sosok yang ramah dan perhatian.

“JJ Abrams selalu perhatian sama kami dan mendatangi kami setiap selesai pengambilan adegan, menanyakan ada yang sulit tidak ataupun keadaan kami," lanjut Iko dalam konferensi pers tersebut.

Tantangan terberat bagi para aktor Indonesia adalah waktu shooting yang bersamaan dengan bulan Ramadhan.

“Kebetulan syutingnya pas bulan puasa, dan itu salah satu puasa terberat yang pernah saya alami karena hampir 19 jam lamanya sebelum waktu berbuka. Tetapi setiap menjelang waktu berbuka, kru di sana sudah menyiapkan makanan berbuka bahkan memberikan waktu beristirahat sejenak buat kami berbuka,” ujar Cecep.

Meskipun baru akan rilis pada Jumat, 18 Desember mendatang animo masyarakat terhadap film ini sangat besar. Bahkan Star Wars sempat menjadi trending topic di Twitter pada Rabu siang, 16 Desember, berkat status para netizen yang sudah tidak sabar menyaksikan Star Wars: the Force Awakens.

Star Wars: the Force Awakens menceritakan lanjutan dari kisah 30 tahun pasca The Return of the Jedi, episode terakhir dari trilogi original.

Trio karakter utama Han Solo, Princess Leia, dan Luke Skywalker akan diperankan oleh aktor yang sama, Harrison Ford, Carrie Fisher, dan Mark Hamill. Selain itu, juga ada beberapa wajah baru, seperti aktor asal Inggris John Boyega dan Daisy Ridley. —Dengan laporan Antara/AFP/Rappler.com

BACA JUGA: