Membayangkan 15 tahun lagi #2030saya seperti apa | #2030NOW

Tandai hari Senin, 28 September 2015! Pada hari itu, Rappler dan Perserikatan Bangsa-Bangsa akan menyelenggarakan Social Good Summit di Jakarta

Social Good Summit Jakarta ini, atau Indonesia +SocialGood, akan mengikuti tema global #2030NOW, dengan tema lokal #2030saya.

Mewujudkan dunia seperti yang kita inginkan

Hari-hari ini, kita melihat perkembangan teknologi dunia makin pesat. Media sosial membuat kita makin dekat dengan yang jauh, tapi kadang menjauh dengan yang dekat.

Di tengah upaya bangsa untuk bangkit di bawah tekanan krisis global, kita menjadi saksi berbagai peristiwa dunia maupun nasional hingga peristiwa lokal. Mereka berlalu begitu cepat, (sedikit) berita baik silih berganti dengan (banyak) berita buruk.

Coba lihat sekeliling kita. Orang miskin makin banyak. Coba bicara pendidikan. Di kota, guru unjuk rasa menuntut upah layak. Di pedalaman, ada gedung sekolah saja sudah syukur (jangan berharap ada akses wifi). Ini belum betul-betul bicara strategi kurikulum pendidikan yang bisa berganti seiring menteri ditukar.

Soal lingkungan? Lihat kabut asap. Kamu mau tinggal di tempat begitu? Teman-teman kita di sana juga tidak mau. Tapi mereka terpaksa. Seperti Rahmi Carolina yang akhirnya gusar lalu bangkit #MelawanAsap.

17 Tujuan Global untuk 3 hal luar biasa dalam 15 tahun

Masih banyak aspek lain, semuanya ada 17, yang lengkapnya bisa dilihat di GlobalGoals.org. Web itu memuat 17 Tujuan Global yang, pada 25 September nanti, akan diakui dunia sebagai Sustainable Development Goals. Bisa diterjemahkan menjadi Tujuan Pembangunan yang Berkelanjutan.

Tujuan-tujuan itu tidak membosankan seperti namanya. Sebaliknya, semuanya begitu dekat dengan hidup kita, seperti contoh-contoh di atas tadi. Di bumi yang dihuni 7 miliar orang, bagaimana kita bisa bikin 3 hal luar biasa terwujud: Mengakhiri kemiskinan ekstrem. Melawan ketidaksetaraan dan ketidakadilan. Memperbaiki perubahan iklim.

17 Tujuan Global

Untuk mencapai 17 Sasaran Global itu pada 2030 (hitung umurmu berapa), kita butuh teknologi dan inovasi; komunitas yang aktif terlibat (kamu!); pemimpin yang kompeten dan akuntabel (jangan lelah mengingatkan mereka yang sudah dipercaya memimpin).

Lalu, untuk apa ada sederet tujuan itu? Tenang saja, 17 hal itu bukan dikarang sembarangan. “Semua 17 tujuan itu adalah aspek kehidupan kita, dari kita untuk kita. Kalau tak ada ukuran tujuan, kita tidak tahu pencapaiannya,” kata Tomi Soetjipto, juru bicara UNDP Indonesia, Kamis 17 September.

Di Jakarta, Rappler bekerja sama dengan UNDP Indonesia. Social Good Summit edisi Jakarta akan berlangsung Senin 28 September 2015, pukul 8.30 hingga 12.30, di Ruang Papua, UNDP Indonesia, Menara Thamrin, Jalan Thamrin Kavling 3 Jakarta Pusat. Ambil undangan elektroniknya di sini!

Tujuan Social Good Summit di Jakarta ini sederhana. Kami ingin memotivasi pembaca Rappler (maupun yang belum membaca Rappler) untuk menjadi bagian aktif dalam usaha mencapai 17 Tujuan Global. Kami mengumpulkan sejumlah tokoh yang mewakili pemerintah, praktisi teknologi, hingga tokoh muda.

Mereka akan berbagi pandangan dan pengalaman tentang #2030NOW dengan undangan yang hadir di tempat. Bagi kalian yang berhalangan hadir, tetap bisa mengikuti Social Good Summit 2015 Jakarta melalui media sosial.

Dan kontribusi kamu sudah bisa dimulai sekarang, dengan berbagi aspirasi kamu tentang apa yang inginkan terwujud pada 2030, melalui #2030NOW dan #2030saya di Twitter, Instagram, dan apa pun media sosial kegemaranmu.

Tentang Social Good Summit

The Social Good Summit adalah acara tahunan global yang diorganisasi berbarengan dengan Sidang Umum PBB. Acara ini digulirkan secara global oleh +SocialGood, sebuah komunitas yang berbagi ide-ide yang mengubah dunia untuk memicu aksi nyata di era media sosial. Salah satu pendiri Rappler, Maria Ressa, adalah satu dari lima penasihat global aktivitas ini.

Di Manila, Rappler dan PBB, juga menggelar Social Good Summit pada Sabtu 26 September. Ini kali keempat di sana. Di seluruh dunia, Social Good Summit akan bergantian digelar dari 25-28 September di berbagai kota.